BERITA

Detail Berita

SMA NEGERI 1 PALUPUH GELAR LOKAKARYA TAHUN 2023

Senin, 29 Mei 2023 07:41 WIB
139 |   -

SMA Negeri 1 Palupuh menggelar kegiatan lokakarya bersama pengawas/narasumber Bapak Fourindra Putra, S.Pd., M.Pd. Kegiatan lokakarya ini merupakan program sekolah dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2023/2024. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, Kamis, Jumat, dan Sabtu. 

Narasumber menjelaskan capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersedian waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Untuk mencapai garis finish, pemerintah membuatnya ke dalam etape yang disebut fase. Setiap fase lamanya 1 - 3 tahun. Fase tersebut adalah: Fase Fondasi (PAUD), Fase A (Kelas I - II), Fase B (Kelas III - IV), Fase C (Kelas V - VI), Fase D (Kelas VII - IX), Fase E (Kelas X), dan Fase F ( Kelas XI - XII). 

CP tertuang dalam SK BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Setelah memahami CP, pendidik mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase. Pada tahap ini, pendidik mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang telah dikumpulkaannya pada tahap sebelumnya, untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran disingkat TP.

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan  kompetensi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. 

Tujuan Pembelajaran (TP) terdiri dari:

  • kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang didemosntrasikan oleh peserta didik
  • konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama

Setelah merusmuskan tujuan pembelajaran, langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah alur tujuan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran disingkat ATP sebenarnya memiliki fungsi yang serupa dengan apa yang dikenal selama ini sebagai "silabus", yaitu untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. 

  1. menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai
  2. ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan yang linear
  3. ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antar fase 

Bapak dan Ibu guru dapat menjabarkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan cara mengidentifikasi kompetensi  dan konten  yang ada pada Capaian Pembelajaran untuk digunakan dalam setiap fase.

 


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini